Senin, 29 November 2010

DAFTAR TOKOH KETURUNAN ATAU KELAHIRAN INDONESIA

Berikut adalah orang-oarng yang menjadi tokoh di luar Indonesia yang berasal dari atau memiliki keturunan Indonesia (termasuk mereka yang lahir di Indonesia/Hindia-Belanda, tanpa memperhatikan silsilahnya). Daftar ini dibagi menurut tempat tinggal tokoh yang bersangkutan atau tempat ia menjadi tokoh.

Afrika Selatan

Amerika Serikat

Arab Saudi

Australia

Brazil

Belanda

Karena hubungan politik, perdagangan, dan budaya selama 300 tahun, banyak warga Belanda yang memiliki keturunan Indonesia. Diperkirakan sekarang terdapat sekitar 500 ribu orang yang memiliki keterkaitan dengan Indonesia, terutama berdasarkan keturunan, dan menjadi satu kelompok minoritas terbesar (Indisch-Nederlanders atau orang Indo) di Belanda.

Belgia

Cina

Filipina

Hongkong

Italia

Jepang

Jerman

Malaysia

Banyak sekali warga Malaysia memiliki garis keturunan dari Indonesia.Banyak Warga malaysiajuga merupakaan keturunan Palembang Hal ini dubuktikan dengan ekspedisi Pamalayu yang menyebutkan bahwa pendiri Kesultanan Melaka Pertama berasal dari Palembangyaitu Parameswara. Raja-raja Johor dan Selangor memiliki keturunan Bugis, sementara pemimpin dan warga asli Negeri Sembilan merupakan perantau asal Minangkabau (secara adat, Negeri Sembilan adalah salah satu bagian dari wilayah Minangkabau).

Perancis

[sunting] Qatar

Rusia

Singapura

Suriname

Warga negara Suriname keturunan Indonesia adalah keturunan dari tenaga kerja perkebunan yang didatangkan dari Pulau Jawa pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Untuk informasi lebih lengkap, lihat sejarah Suriname.

Swedia

Taiwan

Thailand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar