Jumat, 26 Agustus 2011

AIR PANAS ANAK GUNUNG KELUD KEDIRI, JAWA TIMUR - INDONESIA

Air Panas Anak Gunung Kelud Kediri, Jawa Timur

Jalan-jalan ke Kediri tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi objek wisata yang fenomenal satu ini, yaitu Gunung Kelud. Berada sekitar 30Km di sebelah timur Kota Kediri tepatnya di kec Ngancar Kabupaten Kediri, dengan jalur darat yang enak dan mulus ditempuh melewati perkebunan dan pemandangan nan asri pegunungan. Cukup dengan perjalanan 1,5 jam dengan motor dan membeli karcis retribusi 5000 rupiah anda sudah bisa menikmati panorama Gunung berapi yang indah ini dengan berbagai fasilitasnya.

Tengara yang menunjukkan arah ke lokasi Air Panas Anak Gunung Kelud.

Undakan menurun terbuat dari batu alam yang direkat semen ini sebenarnya cukup nyaman untuk dilalui, namun menuruni 800 anak tangga tentu bukan hal yang terlalu mudah, terkadang ada yang berjalan di pembatas jalan yang mulus dan teduh di sebelah kanan, yang seharusnya merupakan jalur untuk naik.

Setelah menapaki anak tangga ke 700-an, baru bisa melihat Air Panas Anak Gunung Kelud yang terus menerus mengepulkan asap putih dan mengalir melalui sela-sela bebatuan yang telah berwarna kuning kecoklatan.

Setelah sampai di ujung anak tangga, menyeberangi jembatan, lalu berbelok ke kanan menuruni jalan setapak yang sempit, baru bisa sampai ke aliran Air Panas Anak Gunung Kelud. Foto Air Panas Anak Gunung Kelud di atas di ambil dari atas jembatan.

Keadaan di sekitar aliran Air Panas Anak Gunung Kelud ini masih alami dan aliran airnya serta bebatuannya sangatlah indah untuk dipandang mata, dengan uap putihnya yang tak henti-hentinya mengepul bebas ke udara.

Air Panas Anak Gunung Kelud yang mengalir melalui sela-sela bebatuan coklat itu sangat panas. Namun dari arah sebelah kiri ada aliran air yang sejuk dingin, sehingga pertemuan keduanya membuat suhu air menjadi cukup nyaman untuk berendam kaki.

Sebuah pancuran berbalut belerang yang mempermanis pemandangan di sekitar Air Panas Anak Gunung Kelud.

Berlama-lama berendam kaki di aliran Air Panas Anak Gunung Kelud sesungguhnya sangat menenangkan hati. Namun sayang sekali matahari sudah mulai turun mendekati cakrawala, dan perjalanan menaiki 800 anak tangga masih menanti, sehingga tidak bisa berlama-lama berada di sana.

Jembatan di ujung anak tangga yang menuju Air Panas Anak Gunung Kelud, serta Puncak Sumbing Gunung Kelud di latar belakang.

Puncak Sumbing Gunung Kelud yang disiram matahari sore diambil dalam perjalanan menaiki anak tangga dari Air Panas Anak Gunung Kelud.

Bola matahari dan langit Kediri yang ditangkap dari sela-sela gerumbul selagi menapaki satu per satu anak tangga meninggalkan Air Panas Anak Gunung Kelud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar