Senin, 22 Agustus 2011

PAKAIAN TRADISIONAL BATIK, INDONESIA

Orang Indonesia pada umumnya telah menggunakan batik untuk menghiasi aksesoris pakaian. Oleh karena iklim yang hangat dan lembab, pakaian tradisional Indonesia sederhana dan nyaman.
Sarong
Kain Sarong
Satu dari tipe pakaian yang paling umum adalah kain sarong atau pakaian panjang. Ini semacam pakaian yang menutup tubuh mulai dari punggung sampai mata kaki. Ini dipakai oleh para wanita baik secara formal atapun non formal dan juga dipakai oleh para pria untuk pergi ke masjid atau bersantai di rumah.
Kain Panjang
Kain Panjang merupakan seri yang lebih panjang dari Sarong. Ini merupakan sebuah rok / pakaian bawahan yang dipakai oleh pria dan wanita. Kain panjang merupakan sebuah potongan kain yang tidak dijahit semuanya, tetapi dapat menutupi pinggang, biasanya dengan beberapa macam ikat pinggang. Kain panjang biasanya dipakai pada acara-acara yang lebih formal / resmi, terutama di Jawa. Sementara sarong dipakai sebagai pakaian harian bagi pria dan wanita.
Kemben
Kemben (Pakaian Penutup Dada)
Dahulu wanita Indonesia memakai kemben. Kemben merupakan selembar kain yang sempit dan panjang, yang secara keseluruhan menutupi dada dan membiarkan pundak terbuka. Kemben telah diganti dengan Kebaya yang mana lebih sopan tapi merupakan blus yang cocok dijahit dengan ketat.
Selendang
Selendang
Selendang melengkapi sebuah pakaian bagi seorang wanita Jawa. ini sama seperti kemben dalam bentuk dan ukurannya. Selendang menjadi sebuah potongan kain yang memiliki fungsi tinggi yang dapat diikatkan pada kepala dengan berbagai cara. Kebanyakan wanita di Jawa memakai selendang yang dapat menunjukkan kepribadian mereka yang sederhana ketika mengenakannya.
Blangkon
Ikat Kepala
Ikat kepala (Blangkon di Jawa) biasanya dipakai oleh pria pada acara-acara formal. Ikat kepala dapat diikatkan dalam berbagai cara untuk membentuk sebuah sorban / ikat kepala. Pada satu kesempatan waktu, Anda dapat menceritakan derajat seorang pria di Indonesia dengan cara dia memakai ikat kepalanya. Saat ini, ikat kepala dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar