Minggu, 27 November 2011

AIR TERJUN DUA WARNA - SIBOLANGIT, SUMATERA UTARA INDONESIA


Air Terjun Dua Warna terletak lebih kurang 80 km dari kota medan, tepatnya ditengah hutan Sibolangit pada ketinggian 1475 M Dpl, yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Secara geografis air terjun dua warna ini terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit.  Air terjun ini berlokasi di kaki gunung Sinabung, untuk mencapainya, benar-benar penuh perjuangan. Perjalanan kaki +/- 3 jam melalui hutan, mendaki, sesekali menurun, teramat curam, sehingga membutuhkan tali untuk rafling.
Air terjun telaga dua warna atau telaga biru kemungkinan disebabkan air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan tanah awalnya berwarna putih namun setelah jatuh ke telaga berubah menjadi biru. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab mengapa air terjun itu berubah menjadi biru. Sedangkan orang yang dianggap pertama sekali menemukan keajaibannya itu juga sampai sekarang belum diketahui. Namun air terjun ini sejak dulu sudah sering dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa pencinta alam yang camping di sekitar Bumi Perkemahan Sibolangit.


Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh mencapai air terjun ini. Pengunjung sering menggunakan jalur dari Bumi Perkemahan Sibolangit di Desa Bandar Baru. Jika melalui bumper, pengunjung sementara dapat menggunakan kendaraan bermotor dengan menempuh jarak lebih kurang 2 Km. Namun sesampainya di posko, kita hanya bisa berjalan kaki. Kalau belum pernah berkunjung ke Telaga Biru tersebut, kita dapat memakai jasa pemandu sebagai penunjuk jalan yang berada di posko (Warung Bang Nuel). Dengan menempuh medan yang naik turun dan berada di tengah hutan, kita harus ekstra hati-hati apalagi banyak jurang di kanan kiri. Awal memasuki hutan kita akan melewati sebuah Dam tua bekas peninggalan Belanda yang dialiri sungai kecil. Kemudian kita akan menempuh jalan mendaki. Dan dengan menempuh waktu sekitar lebih kurang 3 jam kita akan sampai di lokasi Air terjun tersebut. Sesampainya di lokasi kita akan melihat ada 3 buah air terjun, satu di antaranya merupakan air terjun Telaga Biru. Kita dapat berenang dan mandi di Telaga Biru tepat di bawah air terjun itu.
Jangan menyerah meski rutenya agak sulit karena sesampai di sana, birunya warna air terjun dan suara aliran air sungai akan langsung menghilangkan rasa penat setelah menempuh perjalanan panjang. Memang, rute terjal dan menantang menuju ke lokasi air terjun dua warna itu sangat cocok bagi pecinta alam yang suka akan petualangan. Dan tak heran jika sesampainya di lokasi ditemukan juga prasasti seorang pecinta alam. Disarankan bagi pengunjung yang ingin menginap, hanya bisa dilakukan apabila membawa perlengkapan camping. Pasalnya, objek wisata yang satu ini belum sedikitpun tersentuh dengan fasilitas. Belum adanya fasilitas ini juga merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ada sehingga bisa menikmati lebih dalam air terjun dua warna yang menyimpan eksotisme natural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar