Jumat, 16 Desember 2011

KEINDAHAN PULAU BULUH - KEPULAUAN RIAU INDONESIA



Pulau Buluh merupakan sebuah kelurahan dengan luas wilayah 5,522 Km2 (552,2 Ha) daerah darat 2,187 Km2 dan luas lautan 3,335 Km2 terletak di Kecamatan Bulang Kota Batam.
Batas wilayah Kelurahan Pulau Buluh di sebelah utara adalah Kelurahan Tanjung Uncang, di sebelah selatan adalah Batu Legong, di sebelah barat adalah Kelurahan Bulang Lintang, dan di sebelah timur adalah Kelurahan Sei Binti
Kelurahan Pulau Buluh terdiri dari 11 RT dan 3 RW dan memiliki 5 buah pulau, yaitu Pulau Buluh, Pulau Boyan, Pulau Teluk Sepaku, Pulau Tengah, dan Pulau Bulat.
Jumlah penduduk kelurahan Pulau Buluh hingga akhir bulan September 2009 sekitar 675 Kepala Keluarga dan 2.509 (Laki-Laki 1.303, Perempuan 1.206) penduduk yang terdiri dari suku Melayu sejumlah 60% dan suku lainnya sejumlah 40%. 40 % suku lain di kelurahan Pulau Buluh terdiri atas suku Tionghoa, Flores, Banjar, Bugis, Batak, Minang, Jawa, dan lain-lain.
Agama masyarakat Kelurahan Pulau Buluh terdiri dari Islam sekitar 2.010 orang, Kristen 25 orang, Katolik 57 orang, dan Budha 392 orang. Perbedaan di Kelurahan Pulau Buluh tidak menjadi pertentangan, masyarakat hidup rukun saling berdampingan dan bergotong-royong dalam kehidupan bermasyarakat dan hingga saat ini belum pernah terjadi perselisihan antar suku maupun antar agama.[rujukan?]
Mata pencaharian masyarakat Kelurahan Pulau Buluh nelayan 60 %, perdagangan dan jasa 10 %, swasta 15 %, dan lainnya 15 %.
Letak Kelurahan Pulau Buluh sangat strategis sebagai lalu-lintas pelayaran yang menghubungkan :
  • Pelabuhan Sekupang Batam ke dan dari Tanjung Pinang dan Tanjung Batu.
  • Transportasi karyawan ke dan dari Sagulung ke Perusahaan-perusahaan yang ada di Kecamatan Bulang seperti : PT. Batu Bata Ladi, PT. Celindo, PT. Piranti, PT. PJK, PT. Sindo Batu Bata.
  • Transportasi barang dari Singapura menuju Pelabuhan Sagulung.

Potensi Kelurahan Pulau Buluh

  1. Perdagangan: Karena letaknya yang sangat strategis menghubungkan Kelurahan yang ada di kecamatan Bulang, sehingga segala kebutuhan hidup masyarakat yang ada di Kecamatan Bulang dapat terpenuhi di Pulau Buluh yang memiliki usaha perdagangan yang sudah ada sejak dulu.
  2. Kelautan: Kelurahan Pulau Buluh terdiri dari 60 % wilayah laut dan 40 % daratan. Laut yang berada disekitar pulau-pulau Kelurahan Pulau Buluh umumnya laut dangkal, kedekatan dengan laut menjadikan masyarakatnya menjadi nelayan secara turun temurun, mereka umunya nelayan tradisonal.
  3. Daratan: Kelurahan Pulau Buluh memiliki beberapa tanah yang belum dimanfaatkan secara maksimal seperti tanah hutan bakau yang berada di ujung barat Pulau Buluh, tanah di Pulau Boyan dan Pulau Teluk Sepaku yang belum diberdayakan masyarakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar