Minggu, 25 Desember 2011

PESONA KEINDAHAN BUKIT JAMBUL - BALI INDONESIA


Daerah wisata Bukit Jambul lokasinya tak jauh dari Gunung Agung yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Karangasem. Mengapa Bukit Jambul? Latar historis tentu selalu ada dibalik penamaan suatu daerah atau wilayah, demikian juga dengan Bukit Jambul. Konon, menurut orang-orang setempat dinamai Bukit Jambul karena tepat diatas bukit sebelah barat terdapat pohon yang sangat besar dan rindang, yang ketika dilihat dari kejauhan ternyata bentuknya menyerupai sebuah jambul. Pohon tersebut masih bertahan hingga kini.

Kemashuran objek wisata Bukit Jambul sudah terjadi dari sejak zaman dahulu. Bukit Jambul kerap dijadikan sebagai tempat persinggahan bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi Pura Besakih yang lokasinya tak seberapa jauh dari Bukit Jambul. Lokasi Bukit Jambul sendiri terletak di perbatasan Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Karangasem, sehingga ketika akan mengunjungi Pura Besakih dengan melewati Kabupaten Klungkung, maka secara otomatis akan melewati Bukit Jambul.
Daya Tarik

Bukit Jambul berada di ketinggian 500 m diatas permukaan laut (dpl) sehingga hawanya begitu sejuk. Pemandangan alam yang tersaji di sekelilingnya begitu menakjubkan, sangat indah, dan menawan. Dari atas Bukit Jambul wisatawan akan disajikan pada hamparan perbukitan serta perpaduan sawah yang berumpak-umpak (terasering). Sementara di sudut lain, ada pemandangan yang tak kalah menawannya yakni keeksotisan laut lepas yang sangat jelas terlihat dari atas bukit. Demikian juga, gugusan pulau Nusa Penida yang tampak begitu jelas dan indah.

Sementara sambil menikmati berbagai keindahan alam yang dapat disaksikan di Bukit Jambul, wisatawan juga bisa bersantai dengan menikmati santapan di coffee shop “Green Hills” atau juga Restaurant “Puri Boga” yang berada di sana. Fasilitas lain yang diberikan objek wisata ini antara lain parkiran yang cukup luas, warung yang menyediakan berbagai kebutuhan pengunjung, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar