Minggu, 01 Januari 2012

KERATON GUSTI MUHAMMAD SAUNAN - KETAPANG, KALIMANTAN BARAT INDONESIA

Kraton Gusti Muhammad (GM) Saunan adalah salah satu objek wisata menarik yang dapat dijumpai di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Keraton ini terletak di Kelurahan Mulia Kerta, Kecamatan Benua Kayong, hanya sekitar 30 menit ditempuh dengan sepeda motor dari Kota Ketapang. Pendirian Keraton Panembahan Gusti Muhammad Saunan di mulai sejak Panembahan Anom Kusuma Negara. Namun pada zaman GM Saunan inilah Keraton ini dipercantik dengan gaya Eropa.










Di Istana ini terdapat aneka keramik dari berbagai dinasti dari Cina, Thailand dan Eropa. Keramik adalah salah satu peninggalan yang tersisa. Melalui koleksi keramik ini dapat diketahui peradaban masyarakat Ketapang pada masa lalu dan ini menunjukkan hubungan yang lancar antara Kerajaan Ketapang dengan negara luar dan kerajaan-kerajaan lain di Nusantara. Tindakan melindungi, melestarikan, dan memanfaatkan kekayaan budaya harus dilakukan oleh generasi sekarang ini. Tak terkecuali juga generasi yang akan datang. Kekayaan seni dan budaya telah menjadikan citra keindahan dan keunikan tersendiri bagi daerah Kabupaten Ketapang.







Koleksi lain yang masih ada di Keraton ini adalah Meriam Padam Pelita, kain tenun khas kerajaan dan beberapa koleksi benda sejarah. Peninggalan sejarah yang populer di keraton ini adalah adanya meriam yang dikenal dengan nama Meriam Padam Pelita. Konon menurut cerita orang dulu apabila meriam ini dibunyikan maka seluruh Ketapang pada waktu itu, lampu pelitanya akan padam terkena bisa suara meriam ini. Yang lebih aneh lagi, diceritakan meriam ini meskipun kecil akan tetapi beratnya sangat luar biasa sehingga hanya kerabat keraton saja yang bisa mengangkatnya. Peninggalan lain yang cukup unik adalah koleksi aneka motif kain kerajaan yang sudah berusia 200-300 tahun, di antaranya motif corak nage belimbur, pelangi bekubak, corak linsang dan lain sebagainya yang tak kalah uniknya.


Seni budaya daerah selatan Kalbar ini tidaklah mungkin dilupakan dan dihilangkan hanya karena ketidaktahuan, serta ketidaksadaran tentang nilai-nilai budaya leluhur yang terkandung di dalamnya. Salah satu objek wisata budaya yang berada di Kabupaten Ketapang adalah Keraton GM Saunan. Keraton yang merupakan istana kerajaan pada zamannya ini banyak meninggalkan nilai-nilai sejarah yang menunjukkan bahwa dulunya daerah ini merupakan bangsa yang besar.
Hal ini terbukti dengan peninggalan peninggalan yang ada di Keraton ini ditambah sekarang ini telah disediakan sebuah Taman Keraton. Letaknya berada dipinggir Sungai Pawan persis di depan Keraton sehingga menambah kesegaran kesejukan dan keindahan pemandangan di Keraton ini. Aset peninggalan bersejarah ini, di antaranya dapat dimanfaatkan untuk Pusat
Informasi Budaya dan Pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar