Minggu, 11 Maret 2012

PULAU KEONG - SEBELAH SELATAN PADANG INDONESIA

Pulau Keong

Peta lokasi pulau Pulau Keong
{{{peta2}}}
Koordinat1°24′28″LS,100°33′21″BT
Negara Indonesia
Gugus kepulauan-
ProvinsiSumatera Barat
KabupatenPesisir Selatan
Garis pantai-km
Luas-
Populasi-
Kota terbesar{{{kota terbesar}}}
(?)

 
Pulau Keong terletak di Taluak Sungai Bungin Kec. Batang Kapas, 80 kilometer di sebelah selatan Padang, Layangkan pandangan agak keselatan, tepat di depan ujung Bukit Pulai siapapun akan melihat keajaiban alam. Keajaiban itu adalah sebuah pulau mirip keong (molusca) sedang berjalan. Mungkin jaraknya dari pinggir Pasir Sungai Nipah sekitar 3 hingga 4 Km saja. Dapat dicapai dengan kapal dari Pantai Taluak Kasai dan bisa dari Pantai Sungai Nipah.
Masyarakat di sekitar daerah ini justeru menamakan pulau tersebut dengan Pulau Batu Nago. Bukan Pulau Keong atau sejenisnya. Pulau ini terdiri dari batu karang. Dari kejauhan terlihat mirip sekali dengan keong yang sedang melata.
Cangkang keong berada di bagian barat dan kepalanya tampak terjulur menghadap timur, dan nyaris mencium sebuah karang yang semakin dekat ke ujung Bukit Pulai. Di bagian kepalanya juga tampak seperti dilengkapi dengan aksesoris menyerupai antena keong.
Bagi masyarakat nelayan, pulau ini tidak memiliki arti besar selain seonggok karang besar, dan pada bagian ujung baratnya ditumbuhi pepohonan kelapa dan tumbuhan pantai nan rimbun lainnya. Namun akan lain halnya bagi mereka yang suka dengan sesuatu yang unik, pulau ini justeru menjadi sesuatu hal yang menarik..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar