Jumat, 15 Juni 2012

INDAHNYA PULAU SARONDE - GORONTALO INDONESIA

Berada di Pulau Saronde, yang dikenal menjadi bagian Provinsi Gorontalo merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang mengandalkan potensi pesona alam dan budaya. Perairan di sekitar Pulau Saronde banyak dikenal kalangan wisatawan dan mampu memikat hati para turis domestik maupun mancanegara, karena bersih dan tidak tercemar oleh sampah-sampah industri, sehingga sangat layak untuk berbagai kegiatan olah raga air seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air.
Hamparan alam yang mempesona ini terletak di utara Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Selain keindahan alamnya, Pulau Saronde juga dikenal dengan memiliki tradisi masyarakat Gorontalo yang unik biasanya digelar pada Festival Saronde bulan Juli, dimana para warga setempat mengadakan lomba adu cepat ketinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi sebuah pulau di sekitar Pulau Saronde.
Bila hendak melihat keindahan Pulau Saronde, Anda dapat mencapainya dengan menggunakan transportasi laut atau udara. Bila menggunakan jalur udara, Anda akan mendarat di Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo. Jika menggunakan transportasi kapal laut, Anda akan berlabuh di Pelabuhan Gorontalo atau di Pelabuhan Anggrek Kwandang, di Kabupaten Gorontalo Utara.
Dari bandara atau pelabuhan, Anda dapat menggunakan jasa melalui jalan darat, seperti bus, mikrolet, atau mobil sewaan untuk menuju pelabuhan di Kota Kwandang. Jarak antara Kota Gorontalo dan Teluk Kwandang kurang lebih 40 Km. Setelah sampai di Pelabuhan Kwandang, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu besar menuju Pulau Saronde.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar