Senin, 20 Mei 2013

INDAHNYA AIR TERJUN SINDANG GILE DAN TIU KELEP - LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT INDONESIA


Berada di kaki Gunung Rinjani, terdapat Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep yang tepatnya berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Untuk menuju ke daerah Senaru bisa melalui jalur Senggigi & jalur Pusuk sehingga perjalanan untuk mencapainya cukup memerlukan waktu yang akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang memang berbeda dibandingkan air terjun pada umumnya.
Air Terjun Tiu Kelep Lombok
Air Terjun Tiu Kelep Lombok
Melewati Pusuk, pemandangan sawah dan hijaunya gunung-gunung di kanan kiri tersaji. Setelah itu perjalanan akan melalui jalan yang berkelok-kelok sambil menanjak sampai melewati puncaknya Pusuk. Ketika melewati Puncaknya Pusuk (Pusuk Pass) akan melalui daerah wisata Pusuk, dimana sepanjang jalan akan terdapat monyet-monyet kecil.
Melalui Senggigi berjarak tempuh lebih jauh dan lebih lama bila dibandingkan melewati pusuk, namun jalur ini menjanjikan view pantai. Mulai dari Pantai meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Pantai Kerandangan, Pantai Malimbu sampai dengan melihat 3 pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok yaituGili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.
Air Terjun Tiu Kelep - Sejuk dan Menyegarkan
Air Terjun Tiu Kelep – Sejuk dan Menyegarkan
Perjalanan sampai pintu gerbang air terjun Sendang Gile memerlukan waktu 2 jam. Berikutnya perjalanan soft trekking sekitar 15 menit menuju air terjun Sendang Gile & 15 menit berikutnya menuju air terjun Tiu Kelep. Untuk mencapai air terjun Sendang Gile, jalur yg dilewati jalan setapak semen menurun diselingi ratusan anak tangga yg menurun.
Air Terjun Sendang Gile Kedua
Air Terjun Sendang Gile Kedua

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun bernamakan Sendang Gila (baca gile) berasal dari bahasa Sasak yang berarti bukit atau tempat gila. Nama Gila digunakan oleh para sesepuh Bayan untuk memberikan kesan angker terhadap mata air yang bertujuan agar masyarakat tidak merusak mata air. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 31 m ini muncul dari atas tebing dan jatuh ke sungai yang ada di bawahnya. Dasarnya relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar