Senin, 20 Mei 2013

INDAHNYA PULAU POYA LISA - SULAWESI TENGAH INDONESIA

Pulau Poya Lisa : Idyllic Island in the Togean Archipelago

Pulau Poya Lisa adalah sebuah pulau yang terdapat di dalam kawasan taman Nasional Kepulauan Togean Provinsi Sulawesi Tengah. Pulau ini memang belum di kenal banyak wisatawan, tapi jangan coba-coba mnyangsikan keindahan alam dan keanekaragaman alam yang terdapat di daerah ini. Pemandangan lautnya sangat cantik dengan air laut yang terhampar berwarna biru bening turquoise bak kristal. Terumbu karang nya pun masih terjaga dengan alami  dan terdapat di  sekitar lepas pantai Pulau Poya Lisa cocok untuk melakkan kegiatan  snorkeling. Pasirnya juga berwarna putih bersih, yang tidak kalah menarik di  Pulau Poya Lisa terdapat cottage peristirahata yang akan memanjakan setiap kehausan pesona dan suasana instirahat yang sulit di dapatkan di daerah lain.
Para pengelola cottage akan menyambut ramah dan siap melayani berbagai keperluan para wisatawan yang berkunjung dari muali air tawar, keperluan makan dan minum, berkeliling menggunakan perahu dan lain sebagainya. Pulau ini merupakan pulau pribadi yang dimiliki oleh seorang bapak bernama Ismali yang mengelola pulau ini turun temurun, karena pulau ini milik pribadi maka tidak ada penghuni di pulau ini selain dari pengelola cotage tersebut.
Pulau ini dinamakan Poya karena jaman dahulu orang bernama Poya lah yang menemukan pulau ini dan menancapkan pohon kelapa di sini sebagai simbol bahwa dirinyalah pemiliki dari pulau ini, lalu pak Ismal membeli pulau ini dari keturunan Poya dan mengelolanya sampai sekarang. Sementara nama Lisa menurut penuturan pak Ismail berasal dari nama seorang wisatawan perempuan Jerman , dirinya berwisata ke pulau ini seorang diri dan memghabiskan waktu selama sebulan lamanya. Lisa yang terkesan dengan pulau ini meminta pak Ismail mengabadikan namanya dalam pulau tersebut sebagai kenang-kenangan, jadilah nama pulau ini Poya Lisa.
Pengeoloa cottage disini bertindak pula menjadi pemandu sehingga para wisatwan yang ingin berkeliling menyusuri pulau yang kecil ini dengan menggunakn perahu bisa meminta bantuan para pengelola cottage tersebut. Berkeliling dengan menggunakan perahu kayu, memancing dan bersnorkling menikmati pemandangan alam adalh berbagai kegiatan yang tidak patut untuk di lewatkan oleh para pengunjung yang datang berkunjung ke pulau ini.
Saat ini terdapat empat buah Cottage yang bisa di sewa di temapat ini harga menyewanya pun snagat terjangkau yakni saat tulisan ini dimuat hanya 150.000 permalam include makan 3x. pondok-pondoknya memang sederhana berbentuk kayu tetapi disitulah keunikannya, karena  kasur kursi meja dan peralatan lainnya yang sederhana membuat tempat ini jadi eksotis, dari teras para ongunjung yang menginap bisa melihat laut karena teras sudah mengahapa laut.
Untuk menuju Pulau Poya Lisa maka pengunjung harus melalui kota Ampana yang merupakan ibukota dari kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah. Dari kota Ampana pengunjung dapat Speedboat ataupun kapal kecil dari Ampana menuju pulau bomba dari pulau bomba inilah perjalanan di lanjutakan menuju Poya Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar