Minggu, 06 Juli 2014

INDAHNYA PANTAI INDRAYANTI, GUNUNG KIDUL - JAWA TENGAH, INDONESIA

Pantai Indrayanti adalah pantai elok berpasir putih yang saat ini ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun luar negri. Pantai ini sebenernya bernama Pulang Syawal, saat ini semakin hari kian populer dan menggugah minat wisatawan untuk berkunjung.Pantai Pulang Syawal atau yang populer disebut Pantai Indrayanti menyuguhkan beragam pesona dan keunikan bagi wisatawan. Dulu sebelum dikelola pihak swasta, pantai ini dikenal dengan nama Pulang Syawal yang sering disingkat Pulsa. Seiring dengan dinamika pariwisata, di sepanjang pesisir selatan Gunungkidul, pihak swasta mendirikan sebuah cafe dan resto yang diberi nama Indrayanti, dengan papan nama besar yang menghadap ke jalan. Sebutan inilah yang kemudian lebih populer karena umumnya wisatawan yang kebetulan melintas hanya mengingat nama cafe dan resto tersebut.
Pantai-Indrayanti-gunungkidul
Ada poin-poin penting yang yang harus Anda ketahui yang membuat pantai Indrayanti ini WAJIB Anda kunjungi ketika berkunjung ke Jogja yaitu:

Keindahan alam
Pantai Indrayanti mempunyai pantai dengan pasir putih dan terumbu karang yang khas. Bebatuan karang kokoh yang mengapitnya di barat dan timur, serta perbukitan karst di sebelah utaranya membuat pantai ini unik dan menawarkan sebuah pesona alam yang sangat menawan. Bahkan pepohonan yang hijau dan rindang di sekelilingnya yang menyuguhkan kombinasi warna kontras, dengan pasir putih serta lautan biru, membuat pantai ini nampak sebagai maha karya lukisan indah yang menenangkan jiwa.
pantai-indrayanti-view-atas-bukit

Alamat Pantai Indrayanti
Lokasi Pantai Indrayanti yang dekat dengan jalan raya juga menambah data tarik tersendiri bagi para wisatawan yang kebetulan melintas, sehingga pantai ini semakin mudah dikenal. Terlebih dalam hal letak, pantai ini sangat dekat dengan pantai-pantai lain yang sudah terkenal lebih dulu oleh masyarakat luas seperti Pantai Krakal, Drini, dan Sundak.
wisatawan di indrayanti beach

Pengelolaan
Salah satu poin penting dari keindahan Pantai Indrayanti adalah kebersihannya yang selalu terjaga. Pengelola tempat ini menetapkan aturan bahwa siapapun yang kedapatan membuang sampah sembarangan di pantai ini akan dikenakan denda. Aturan ini ternyata direspon sangat baik oleh para wisatawan sehingga pantai ini nampak lebih terjaga kebersihannya.
cafe-pantai-indrayanti

Pantai Indrayanti Resort
Tata letak cafe dan resto Indrayanti yang diatur sedemikian rupa menambah keindahan pantai ini. Fasilitasnya cukup komplit, dari toilet, tempat parkir, penginapan, resort, hingga gasebo-gasebo nyaman yang langsung menghadap ke laut lepas menambah daya tarik pantai ini.
gasebo-Pantai-Indrayanti
pantai-indrayanti
bukit-karang-pantai-indrayanti
sunset di pantai indrayanti
Bila Anda berencana berkunjung ke pantai Indrayanti, silahkan mempersiapkan segala sesuatunya, pantai ini berjaraknya kurang lebih 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Jalannya melewati  perbukitan Gunungkidul dengan tipikal jalan yang berkelok kelok. Meski begitu, pemandangan alam di sepanjang jalan menuju Pantai Indrayanti sangatlah indah sehingga akan mengobati rasa lelah Anda.

1 komentar:

  1. beautiful view banget tuh :D tapi sayang muka jadi terbakar butuh perawatan banget :3

    BalasHapus